Menyelami Kelezatan Kebab: Sejarah, Variasi, dan Resep

sejarah resep kebab

Kebab adalah salah satu hidangan ikonik dari Timur Tengah yang telah mendunia dan menjadi favorit di banyak negara. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah kebab, variasi-variasi yang ada, dan resep sederhana untuk membuat kebab di rumah.

Sejarah Kebab

Asal-usul kebab dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno, terutama di wilayah-wilayah seperti Turki, Iran, dan wilayah Timur Tengah lainnya. Kata “kebab” sendiri berasal dari bahasa Persia kuno yang berarti daging yang dipanggang atau dibakar. Awalnya, kebab dibuat dengan daging domba atau kambing yang dipotong dan dipanggang di atas api terbuka.

Variasi Kebab

  1. Kebab Adana: Variasi kebab yang berasal dari kota Adana di Turki, terbuat dari daging sapi atau domba cincang yang dicampur dengan rempah-rempah dan dibakar di atas bara api.
  2. Kebab Tawook: Kebab Tawook berasal dari Lebanon dan dibuat dengan potongan daging ayam yang direndam dalam campuran yogurt dan bumbu-bumbu sebelum dipanggang.
  3. Kebab Kubideh: Kebab Kubideh adalah kebab Iran yang terbuat dari daging cincang (biasanya domba atau sapi) yang dicampur dengan bawang, rempah-rempah, dan kemudian dipanggang atau dibakar.
  4. Kebab Shawarma: Shawarma adalah kebab Arab yang terdiri dari potongan daging (biasanya ayam, domba, atau sapi) yang dipanggang secara vertikal dan disajikan dengan roti pita dan saus.

Resep Kebab Sederhana

Bahan-Bahan:

  • Daging cincang (sapi atau domba) – 500 gram
  • Bawang merah – 1 buah, dicincang halus
  • Bawang putih – 3 siung, dicincang halus
  • Daun peterseli segar – 2 sendok makan, dicincang halus
  • Paprika bubuk – 1 sendok teh
  • Garam – 1 sendok teh
  • Merica hitam bubuk – 1/2 sendok teh
  • Minyak zaitun – 2 sendok makan

Langkah-Langkah:

  1. Campurkan daging cincang, bawang merah, bawang putih, daun peterseli, paprika bubuk, garam, merica hitam bubuk, dan minyak zaitun dalam mangkuk besar. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik.
  2. Ambil sebagian adonan kebab dan bentuk menjadi silinder panjang. Anda juga dapat menggunakan tusuk sate untuk membantu membentuk adonan kebab.
  3. Panggang kebab di atas panggangan yang telah dipanaskan hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  4. Sajikan kebab dengan roti pita, saus yogurt, irisan tomat, mentimun, dan bawang merah. Tambahkan saus sambal atau saus pedas sesuai selera.

Kesimpulan

Kebab adalah hidangan yang kaya akan rasa dan memiliki sejarah yang panjang di berbagai budaya dengan resep yang sederhana. Dengan variasi-variasi yang ada dan resep sederhana untuk membuat kebab di rumah, Anda dapat menikmati kelezatan kebab dengan mudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *